BeritaPerbankan – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) terus memperkuat kerja samanya dengan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk memudahkan akses investor terhadap layanan perbankan dan pembiayaan. Salah satu fokus utama BNI adalah pengembangan layanan Smart City, yang bertujuan mendorong investasi daerah melalui digitalisasi tata kelola pemerintahan.
“Dengan layanan digital terintegrasi, kami dapat mempercepat proses pemberian kredit yang berpotensi meningkatkan investasi di daerah,” ujar Direktur Enterprise and Commercial Banking BNI, I Made Sukajaya pada Rabu, 10 Oktober 2024.
Made juga menekankan bahwa kerja sama antara perbankan dan Pemda, khususnya terkait pinjaman modal, akan lebih optimal dengan perizinan yang efisien, seperti Izin Mendirikan Bangunan (IMB), yang memberikan nilai tambah bagi investor. Bangunan yang memiliki IMB lebih bernilai dan memudahkan akses kredit dari perbankan.
Selain itu, Made menekankan pentingnya pencatatan laporan keuangan yang baik bagi pelaku usaha, terutama UMKM. Dengan data keuangan yang rapi, perbankan dapat lebih mudah menilai kelayakan debitur. “Penilaian debitur, khususnya UMKM, sangat bergantung pada data keuangan mereka. Jika datanya lengkap, proses penilaian menjadi lebih sederhana,” jelasnya.
BNI juga memperluas kerja samanya dengan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) dan Bank Perkreditan Rakyat (BPR) untuk mendukung UMKM di berbagai daerah. Langkah ini memungkinkan BNI menyalurkan kredit secara lebih optimal ke sektor UMKM, yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional. “Kami melihat pertumbuhan kredit di berbagai sektor, termasuk pariwisata di Bali yang mulai pulih dan perdagangan di Surabaya yang menunjukkan potensi besar. UMKM terus berkembang sebagai kontributor utama ekonomi nasional,” lanjut Made.
Program Smart City yang diusung BNI tidak hanya berfokus pada daerah investasi, tetapi juga mendukung program digitalisasi di kabupaten dan kota lainnya. BNI menyediakan solusi pembayaran seperti BNIDirect, SP2D Online, dan Virtual Account Debit, serta layanan penerimaan seperti e-PBB, e-PDAM, e-Samsat, dan e-Retribusi.
BNI juga mendukung Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan memanfaatkan platform BNI Marketplace untuk mempromosikan pariwisata dan produk UMKM secara daring melalui program BNI Xpora, yang membantu UMKM menembus pasar internasional.
Untuk mendukung masyarakat yang semakin cashless, BNI menyediakan ekosistem uang elektronik seperti BNI TapCash dan QRIS, yang dapat digunakan oleh masyarakat dan pemerintah daerah.