BeritaPerbankan – Menurut riset dari Statista, sebuah platform data dan intelijen bisnis global, pendapatan industri Kecantikan & Perawatan Pribadi di Indonesia pada tahun 2024 diperkirakan mencapai USD 9,17 miliar atau sekitar Rp142 triliun, dengan pertumbuhan tahunan rata-rata sebesar 4,02 persen (CAGR 2024-2029).
Segmen terbesar dari industri ini adalah Perawatan Pribadi, dengan nilai pasar sebesar USD 3,88 miliar. Selain itu, permintaan produk halal terus meningkat seiring dengan mayoritas populasi Muslim di Indonesia.
Portfolio Director PT Pamerindo Indonesia, Juanita Soerakoesoemah, menyatakan bahwa Cosmobeaute Indonesia berkomitmen menjadi platform bagi para profesional kecantikan untuk mengembangkan bisnis di berbagai sektor seperti estetika, kosmetik, rambut, kuku, spa, dan kesehatan. Cosmobeaute Indonesia kembali diadakan pada 10-12 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), di Hall A, B, dan Cendrawasih.
Pamerindo Indonesia mengajak semua pelaku bisnis di industri kecantikan untuk berpartisipasi dalam ajang ini, yang disebut sebagai solusi terpadu bagi berbagai kebutuhan bisnis kecantikan. “Hanya di Cosmobeaute Indonesia, Anda bisa menemukan peluang bisnis, inovasi terbaru, dan menjalin kerjasama dengan berbagai pihak dalam industri,” ujarnya.
Pada Cosmobeaute Indonesia 2023, platform ini telah menjadi sarana penting bagi exhibitor dan pengunjung untuk menjalin kemitraan bisnis baru, baik di tingkat nasional maupun internasional. Acara tersebut mencatat 502 pertemuan bisnis yang menghasilkan kesepakatan menguntungkan, dengan total transaksi hampir mencapai USD 121.952. Cosmobeaute Indonesia 2023 juga berkontribusi pada peningkatan investasi di sektor kecantikan, di mana minat dari perusahaan lokal dan internasional untuk berinvestasi di Indonesia terus meningkat seiring dengan potensi pasar yang berkembang.
Pamerindo Indonesia optimistis tahun ini akan mencatat pertumbuhan yang lebih baik. Hal ini terlihat dari peningkatan jumlah peserta dari 250 peserta dengan 1.000 brand pada tahun 2023, menjadi 380 peserta dengan 1.200 brand dari berbagai negara seperti China, Paris, Hong Kong, India, Italia, Jepang, Korea, Malaysia, dan lainnya.
Dalam perjalanan 17 tahunnya, Cosmobeaute Indonesia telah menjadi barometer perkembangan industri kecantikan Indonesia. Pada tahun lalu, acara ini menarik hampir 15.000 pengunjung dari 32 negara, mencakup berbagai sektor industri kecantikan seperti pelaku bisnis, profesional kecantikan, pengusaha, dan konsumen yang sangat antusias terhadap perkembangan industri kecantikan di Indonesia.
Selain jumlah pengunjung yang tinggi, Cosmobeaute Indonesia 2023 juga berhasil mencatat kesepakatan bisnis, peningkatan investasi, dan menghadirkan program acara berkualitas.