Berita Perbankan – Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) kembali menghadirkan Festival CreArtive tahun 2023, sebuah ajang kompetisi yang tidak hanya mendorong kreativitas anak-anak muda, tetapi juga menjadi medium untuk edukasi keuangan di kalangan masyarakat Indonesia. Festival ini memberikan ruang kreativitas bagi para peserta untuk mengekspresikan ide-ide mereka melalui video pendek dan poster iklan layanan masyarakat.
“Kita ingin mengajak generasi muda dalam mengekspresikan ide-ide kreatif tentang isu-isu keuangan. Dan melalui festival ini, LPS ingin mengajak masyarakat untuk lebih cermat dalam menyaring informasi keuangan, dan yang paling penting, menunjukkan kepada masyarakat bahwa LPS ada di tengah masyarakat dan selalu siap menjamin simpanan mereka,” ujar Sekretaris Lembaga LPS Dimas Yuliharto, di Jakarta, Rabu (20/9/2023).
Festival CreArtive 2023 bertujuan untuk memotivasi generasi muda agar bisa menghasilkan karya-karya yang tidak hanya menarik secara visual tetapi juga memiliki pesan edukatif yang kuat tentang keuangan. Inisiatif ini sejalan dengan upaya LPS untuk meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang bijak.
Dalam festival ini, peserta akan bersaing untuk menciptakan karya-karya yang mampu menyampaikan pesan-pesan keuangan dengan cara yang kreatif dan inovatif. Mereka dapat menggali berbagai aspek keuangan, termasuk manajemen keuangan, investasi, tabungan, dan perlindungan keuangan.
Tidak hanya itu, Festival CreArtive 2023 juga mengundang berbagai kalangan, termasuk pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum, untuk berpartisipasi. Ini adalah kesempatan terbaik bagi mereka yang memiliki minat dalam industri kreatif sekaligus berkontribusi dalam upaya meningkatkan literasi keuangan di Indonesia.
“Oleh karena itu, LPS berkomitmen untuk terus mendukung berbagai upaya yang bertujuan meningkatkan literasi keuangan masyarakat. Salah satu caranya adalah dengan memberikan edukasi dan informasi kepada masyarakat, antara lain dengan menggelar Festival CreArtive 2023,” jelasnya.
Para pemenang akan dinilai oleh panel juri yang terdiri dari ahli-ahli keuangan dan para profesional industri kreatif. Selain hadiah menarik, karya-karya terbaik dari festival ini juga akan digunakan oleh LPS untuk kampanye edukasi keuangan kepada masyarakat yang lebih luas.
Festival CreArtive 2023 LPS adalah bukti komitmen Lembaga Penjamin Simpanan dalam mengajak generasi muda untuk terlibat dalam meningkatkan literasi keuangan yang akan bermanfaat bagi masa depan ekonomi Indonesia. Festival ini bukan hanya sekedar kompetisi, tetapi juga sebuah langkah positif dalam mendorong kreativitas yang berdampak positif bagi masyarakat.
Salah satu juri dalam kompetisi ini adalah Fajar Nugros, seorang sutradara dan penulis terkemuka, menyatakan bahwa kreativitas memiliki potensi besar dalam mengubah dan mengkomunikasikan pesan-pesan terkait keuangan.
“Yang selama ini terkesan ‘kurang diterima’ oleh sebagian masyarakat, menjadi pesan yang lebih menarik dan mudah diterima publik, dan Festival CreArtive 2023 adalah momentum yang tepat,” ujarnya.
Di samping kompetisi video dan poster iklan layanan masyarakat, Festival CreArtive 2023 juga akan menyelenggarakan tur roadshow bersama Fajar Nugros di tiga kota besar, termasuk Bandung (27 September 2023), Yogyakarta (4 Oktober 2023), dan Jakarta (17 Oktober 2023).
Melalui acara ini, generasi muda diundang untuk menciptakan karya berupa video pendek atau poster iklan layanan masyarakat. Karya-karya tersebut bisa berupa pesan-pesan himbauan, ajakan, testimoni, atau tutorial. Pendaftaran karya akan diterima hingga tanggal 31 Oktober 2023, dengan hadiah ratusan juta rupiah.
Kriteria penilaian pemenang lomba video dan lomba poster (sumber: www.lps.go.id)
Lomba Poster:
Kesesuaian substansi dengan tema yang diangkat “Literasi Keuangan”
– Relevansi terhadap tema
– Pemahaman peserta
– Penyampaian pesan mudah diterima
Kreativitas dan Orisinalitas Karya:
– Pemilihan proporsi warna dan penggunaan elemen desain
– Ide kreatif dalam cara penyampaian pesan
Kualitas pesan dan Komunikasi
– Cara penyampaian pesan yang tepat (jelas dan efektif)
– Konten di dalam pesan poster dapat dengan mudah dipahami dan menarik minat pembaca
Lomba Video:
Kesesuaian substansi dengan tema yang diangkat “Literasi Keuangan”
– Relevansi terhadap tema
– Pemahaman peserta
– Penyampaian pesan mudah diterima
Teknis pengambil gambar dan editing
– Angle
– Pencahayaan
– Audio
Kreativitas dan Orisinalitas Karya:
– Alur cerita
– Penulisan cerita