BeritaPerbankan – Partisipasi aktif bank bjb dalam mendorong literasi dan inklusi keuangan juga dilakukan dengan berbagai kegiatan lain yang diinisiasi perseroan. Antara lain, konsisten menyelenggarakan Festival Inklusi Keuangan setiap bulan Oktober.
Kegiatan ini melibatkan berbagai elemen masyarakat seperti pelajar, agen bjb BiSA Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai) dan nasabah pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan para peserta Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK).
Yuddy menjelaskan bank bjb mengandalkan agen Laku Pandai sebagai garda terdepan dalam hal sosialisasi. Agen dengan call name bjb BiSA yang dimiliki bank bjb ini menjadi salah satu ujung tombak pengenalan produk-produk perbankan kepada masyarakat.
Laku Pandai sendiri adalah kegiatan menyediakan layanan perbankan atau layanan keuangan lainnya yang dilakukan tanpa melalui jaringan kantor. Penyediaan tersebut dilakukan melalui kerjasama dengan pihak lain dan didukung penggunaan sarana teknologi informasi.
Pihaknya bekerjasama dengan para agen yang berasal dari berbagai jenis profesi, seperti petani, nelayan, perangkat desa, pensiunan, guru, ibu rumah tangga, pedagang, bidan dan sebagainya.
Selain dalam bentuk perorangan, Yuddy mengatakan agen bjb BiSA juga bisa berbentuk badan hukum, seperti koperasi, kelompok tani atau nelayan, BumDes, perusahaan dan lembaga lain sesuai dengan ketentuan OJK. Agen bjb BiSA ini tersebar di seluruh wilayah Jawa Barat dan daerah lain yang menjadi lokasi nasabah bank bjb.
Bank bjb juga terus melakukan edukasi keuangan kepada masyarakat dan komunitas, termasuk para pedagang di berbagai daerah. Yuddy menyebutkan bank bjb secara aktif memberikan edukasi transaksi digital melalui QRIS untuk memudahkan jual beli antara masyarakat dan pedagang pasar. Tak hanya itu, bank bjb juga turut memberikan edukasi pentingnya menabung sejak dini melalui tabungan Simpanan Pelajar (SimPel).
“Penghargaan dari LPS juga menjadi bukti bank bjb merupakan perusahaan yang tangguh dan mampu berkembang pesat dalam menghadapi tantangan zaman. Prestasi ini dapat diraih atas kerja keras dan dedikasi seluruh insan bank bjb dalam memberikan pelayanan terbaiknya bagi masyarakat,” ucap Yuddy.