TRENDING
Selain Dijamin LPS, Inilah Sejumlah Kelebihan Investasi Deposito 1 month ago
LPS: 99,9 Persen Rekening Nasabah Dijamin Penuh LPS 1 month ago
Kabar Gembira, Tarif Listrik Nonsubsidi Januari-Maret 2023 Tidak Naik 1 month ago
Naik Tipis, Harga Emas Pegadaian Jelang 2023 1 month ago
Indeks Saham IHSG Terkoreksi Menjelang Tutup Tahun 2022 1 month ago
berikutnya
sebelum
Search
06/02/2023
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Search
Close
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Home Ekonomi

Kopiko Sering Muncul di Drama Korea, Dapat Untung Berapa?

oleh Permadi
21/09/2021
in Ekonomi, Finansial, Saham
Reading Time:3 mins read
0 0
0
Kopiko Sering Muncul di Drama Korea, Dapat Untung Berapa?
0
SHARE
767
VIEWS
Share on WhatssappShare on Twitter

BeritaPerbankan – Publik tanah air dikejutkan dengan munculnya produk permen lokal Indonesia dalam tayangan drama korea (drakor). Brand permen ‘Kopiko’ berhasil debut di Korea Selatan dengan menjadi sponsor sejumlah drama korea populer.

Permen Kopiko pertama kali muncul dalam drama korea ‘Vincenzo’ yang dibintangi aktor ternama Song Joong Ki dan aktris cantik Jeon Yeo Been. Drama tentang mafia ini tayang di tvN dan berhasil menduduki rating 16,2%, sehingga dinobatkan sebagai tayangan yang paling banyak ditonton.

Kemunculan permen Kopiko membuat penggemar drakor dari Indonesia bangga karena ada brand lokal yang menembus pasar Korea Selatan, terlebih muncul dalam drama populer yang dibintangi Song Joong Ki.

Permen Kopiko pertama kali muncul pada episode 14. dimana aktris Kim Yoon Hye dan Jung Ji Young sedang mengintai musuh di dalam mobil.  Aktor Kim Young Woong  kemudian menawarkan permen Kopiko kepada dua rekannya tersebut.

Perlu diketahui produk Kopiko yang muncul di drama korea adalah kemasan ‘blister pack’ yang berisi delapan butir permen.

Kopiko kembali muncul di drama korea berjudul ‘Mine’ yang dibintangi aktris senior Lee Bo Young yang juga tayang di tVN. Kopiko muncul dalam adegan saat Seo Hi Soo (Lee Bo Young) sedang dirias oleh asistennya kemudian salah seorang dari mereka menawarkan Hi Soo permen kopiko agar ia tidak mengantuk saat dirias.

Dalam drama ‘Mine’ kemasan Kopiko mendapat ekspose lebih karena disorot beberapa detik dengan begitu jelas tertulis merek permen kopi tersebut.

Yang terbaru dan sedang menjadi perbincangan adalah kemunculan permen Kopiko di drama yang sedang tayang ‘Hometown Cha-Cha-Cha’ yang dibintangi Kim Seon Ho dan aktris Shin Min A.

Kopiko muncul di episode tujuh saat adegan Hong Doo Shik (Kim Seon Ho) dan Ji Seong Hyeon (Lee Sang Yi) sedang berdiri di pinggir dermaga. Hong Doo Shik terlihat mengantuk di pagi hari. Kemudian Ji Seong Hyeon mengeluarkan permen Kopiko dari tasnya dan menawarkan kepada Hong Doo Shik.

Kehadiran Kopiko dalam beberapa judul drama korea menimbulkan ragam pertanyaan di benak publik. Berapa uang yang harus dikeluarkan Mayora sebagai perusahaan yang memproduksi Kopiko untuk mendapatkan slot iklan di sejumlah drama korea populer tersebut. Lantas berapa keuntungan yang dicatat Mayora setelah muncul di televisi Korea Selatan?.

 

Mengenal Sejarah Permen Kopiko

Mengutip dari situs resmi Mayora, Kopiko adalah pelopor kopi-permen dengan ekstrak kopi asli Indonesia yang diproduksi oleh PT. Mayora Indah, Tbk. dan telah menemani selama 35 tahun. PT Mayora Indah Tbk (MYOR) merupakan perusahaan yang memproduksi makanan ringan berbagai merek, salah satu produknya yang populer adalah Kopiko.

Hingga saat ini Mayora mengklaim sudah mengekspor Kopiko ke lebih dari 80 negara di dunia, antara lain di Amerika, Italia, Portugal, Spanyol, Jerman, Filipina, Australia, Singapura, dan Taiwan.

Terbaru, Kopiko sudah masuk pasar Korea Selatan, ditandai dengan munculnya brand Kopiko di sejumlah drama korea.

 

Tarif Iklan Kopiko di Drama Korea

Publik bertanya-tanya soal tarif iklan Kopiko di drama Korea. Jika merujuk pada kemunculan Kopiko di drama ‘Vincenzo’ kabarnya Mayora harus merogoh kocek sebesar 200 juta won atau setara Rp. 5 miliar rupiah untuk 4 kali tayangan iklan. Harga tersebut bisa bervariasi tergantung popularitas drama tersebut. Di setiap akhir episode tayangan drama, logo merek sponsor akan ditampilkan.

Angka tersebut masih kisaran atau hitungan kasar. Jika Kopiko pasang iklan di 3 judul drama dengan 4 slot iklan, Mayora harus mengeluarkan biaya iklan sebesar Rp. 15 miliar.

 

Kopiko ‘Cuan’ Setelah Nongkrong di Drama Korea?

Menampilkan produk di sebuah drama populer memang tidak murah. Miliran rupiah yang dikeluarkan Mayora untuk menampilkan Kopiko di drakor, apakah sebanding dengan keuntungan yang diperoleh?

Merujuk pada laporan keuangan perusahaan yang dilansir dari berbagai sumber, Mayora Indah mencatatkan laba bersih sebesar Rp822,88 miliar pada kuartal pertama tahun 2021, namun perolehan itu menurun 11,65 % dibandingkan kuartal pertama tahun 2020 yang mencapai Rp931,39 miliar.

Meski demikian sebenarnya pertumbuhan penjualan bersih Mayora naik hingga 36,43 % dari Rp5,38 triliun pada Maret 2020 menjadi Rp7,34 triliun pada 2021. Mayora mencatatkan kenaikan penjualan di pasar ekspor dari awalnya Rp1,63 triliun menjadi Rp2,98 triliun.

Di saat angka penjualan meningkat, Mayora justru harus memangkas laba bersih karena pembengkakan beban perusahaan. Hingga maret 2021, beban pokok penjualan Mayora naik dari Rp3,72 triliun menjadi Rp5,16 triliun.

Sementara itu beban penjualan membengkak hingga Rp985,55 miliar pada 2021 dari Rp740,56 miliar pada 2020. Beban umum dan administrasi melesat dari Rp186,25 miliar menjadi Rp193,07 miliar. Aset Mayora tercatat meningkat dari Rp19,78 triliun pada 2020 menjadi Rp21,06 triliun pada 2021.

 

 

 

 

 

 

Tags: drakorKopikoMayora
Previous Post

Perbankan Lebih Doyan Beli SUN Daripada Kasih Kredit

Next Post

Negara Adidaya Kaya Raya Tapi Utangnya Besar, Kok Bisa?

Next Post
Negara Adidaya Kaya Raya Tapi Utangnya Besar, Kok Bisa?

Negara Adidaya Kaya Raya Tapi Utangnya Besar, Kok Bisa?

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Daftar 4 Bank dengan Modal Inti di Atas Rp 70 Triliun

Daftar 4 Bank Terbesar di Indonesia, Modal Inti di Atas Rp 70 Triliun

02/10/2022
Kopiko Sering Muncul di Drama Korea, Dapat Untung Berapa?

Kopiko Sering Muncul di Drama Korea, Dapat Untung Berapa?

21/09/2021
Rekening TabunganKu Gratis Biaya Admin dan Dijamin LPS

Rekening TabunganKu Gratis Biaya Admin dan Dijamin LPS

01/07/2022
Marak KSP Bermasalah Tawarkan Pinjaman Via SMS!

Marak KSP Bermasalah Tawarkan Pinjaman Via SMS!

26/05/2022
Punya Rekening Joint Account dan Rekening Tunggal dalam Satu Bank, Apakah Simpanan Dijamin LPS?

Punya Rekening Joint Account dan Rekening Tunggal dalam Satu Bank, Apakah Simpanan Dijamin LPS?

08/12/2021
LPS Minta Perbankan Tak Pesimis Terhadap Prospek Ekonomi di Tahun 2023

Selain Dijamin LPS, Inilah Sejumlah Kelebihan Investasi Deposito

31/12/2022
Permodalan Perbankan Nasional Semakin Tebal, LPS Berikan Apresiasi untuk Industri Perbankan

LPS: 99,9 Persen Rekening Nasabah Dijamin Penuh LPS

31/12/2022
Kabar Gembira, Tarif Listrik Nonsubsidi Januari-Maret 2023 Tidak Naik

Kabar Gembira, Tarif Listrik Nonsubsidi Januari-Maret 2023 Tidak Naik

31/12/2022
Naik Tipis, Harga Emas Pegadaian Jelang 2023

Naik Tipis, Harga Emas Pegadaian Jelang 2023

31/12/2022
Indeks Saham IHSG Terkoreksi Menjelang Tutup Tahun 2022

Indeks Saham IHSG Terkoreksi Menjelang Tutup Tahun 2022

31/12/2022

About Us

Privacy Policy

Redaksi

Pedoman Media Siber

© 2021 Beritaperbankan.id All Rights Reserved.

Add BeritaPerbankan.id to your Homescreen!

Add