BeritaPerbankan – “Sistem transaksi nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF) bakal mulai dilaksanakan akhir 2022, “ ugkap Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Danang Parikesit.
Hingga saat ini jadwal uji coba MLFF masih sesuai perjanjian awal, yakni pada Desember 2022. Badan usaha pengelola juga sudah bisa mengklaim biaya jasa kepada para Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Timeline itu masih sesuai jadwal awal, dimana uji coba transaksi non-tunai tanpa berhenti itu bakal dilaksanakan untuk 6 ruas tol di penghujung tahun ini. “Ada Tol Jagorawi, Tol Dalam Kota, Tol Bali Mandara, totalnya ada enam ruas tol,” ujar Danang di Kantor Bina Marga Kementerian PUPR, Jakarta, Selasa (7/6/2022).
Implementasi MLFF bakal dilakukan secara bertahap. Secara kajian ini memang sudah direncanakan sejak 2017, yang awalnya mengubah sistem pembayaran tunai jadi non-tunai (cashless). “Nanti ke depannya tanpa gerbang, komplikasinya meningkat cukup tinggi. Sehingga kita mau memastikan proses piloting 6 ruas tol pas uji coba bisa kita laksanakan,” tuturnya.
Sebelumnya, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memulai konstruksi implementasi elektronifikasi transaksi tol menuju Sistem Transaksi Nontunai berbasis Multi Lane Free Flow (MLFF) alias transaksi pembayaran tol dengan teknologi nirsentuh.
Hal ini ditandai dengan ditetapkannya Roatex Ltd., Hungaria, sebagai Badan Usaha Pelaksana (BUP) Kerja Sama Pemerintah dangan Badan Usaha untuk sistem Transaksi Tol Nontunai Nirsentuh melalui Surat Penetapan Menteri PUPR Nomor: PB.02.01-Mn/132 tanggal 27 Januari 2021.
Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Danang Parikesit menyatakan, target pelaksanaan konstruksi MLFF dimulai pada tahun 2021.
“Kemudian untuk implementasinya secara bertahap dimulai pada tahun 2022 dan penerapannya berdasarkan lingkup wilayah dan tidak per ruas tol,” ungkap Danang, Senin (1/2/2021).
Dengan ditetapkannya Roatex Ltd. sebagai pemenang tender, perusahaan bersama dengan BPJT akan segera mempersiapkan rencana kerja pelaksanaan proyek. Pada tahun pertama, sejak telah ditandatangani perjanjian Kerjasama BUP dengan Pemerintah, adalah masa pelaksanaan konstruksi, dari masa 10 tahun konsesi kerjasama.
Diharapkan pada awal tahun 2022, sebagian besar ruas jalan tol, terutama di Jawa dan Bali sudah dapat menerapkan MLFF.
Rencananya teknologi yang akan diterapkan berbasis GNSS (Global Navigation Satelite System) yang merupakan teknologi paling mutakhir dalam sistem transaksi Nontunai Nirsentuh berbasis MLFF.
Teknologi ini telah sukses diterapkan di Hungaria selama lebih dari tujuh tahun terakhir, yang dikelola oleh Hungarian Toll Services Company (NUZs). Pengalaman di Hungaria, solusi ini selain memudahkan pengguna jalan karena melalui jalan tol tanpa hambatan, juga dapat meningkatkan efisiensi dan pendapatan tol, serta mengurangi tingkat kemacetan pada jam-jam padat.
Pada saatnya nanti, setiap kendaraan atau pengguna jalan tol akan diperkenalkan dengan perangkat e-Obu (aplikasi smartphone), atau Onboard Unit (OBU) atau tiket perjalanan (road ticket) bagi yang hanya sekali jalan. Perangkat ini tidak membebani pengguna dan dapat diunduh dengan mudah melalui smartphone.