TRENDING
LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan untuk Bank Umum dan BPR Hingga Januari 2025 5 months ago
20 Bank Ditutup OJK Sepanjang 2024, LPS Pastikan Jamin Dana Nasabah 5 months ago
Kapitalisasi Pasar Kripto 2024 Naik Hampir Dua Kali Lipat 5 months ago
Segini Rincian Usulan Biaya Haji (BPIH) Tahun 2025! 5 months ago
Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome 5 months ago
berikutnya
sebelum
Search
13/06/2025
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Search
Close
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Home Bank

Penerapan Kebijakan Nasabah Prioritas, Adu Strategi Bank Mini Cari Nasabah

Kini Bank Mini Dapat Lebih Banyak Ruang Dalam Kapasitas Bisnisnya

oleh Nara
23/09/2023
in Bank
Reading Time:2 mins read
0 0
0
Penerapan Kebijakan Nasabah Prioritas, Adu Strategi Bank Mini Cari Nasabah
0
SHARE
1
VIEWS
Share on WhatssappShare on Twitter

BeritaPerbankan – Meski, sejauh ini nasabah dengan nilai simpanan di bawah Rp100 juta masih memimpin pertumbuhan di angka tujuh persen dalam jumlah rekening. Akan tetapi, nasabah dengan kategori nilai simpanan mulai dari Rp2 miliar hingga di atas Rp5 miliar tak kalah pesatnya, tercatat laju pertumbuhan rekening sebesar 5,6 persen per Juli 2023 secara tahunan (year-on-year/yoy).

Sehingga, dengan kesempatan ini, bank-bank KBMI I berusaha keras adu strategi guna menarik perhatian segmen nasabah ini. Executive Director Segara Research Institute Piter Abdullah mengungkapkan bahwa penjaringan nasabah prioritas oleh bank bermodal mini alias KBMI I adalah suatu yang lazim. Pasalnya, bank dengan kategori ini telah lama menerapkan kebijakan nasabah prioritas.

“Dari dulu mereka [bank KBMI I] sudah menerapkan kebijakan nasabah prioritas tetapi tidak terprogram kan secara formal. Kalau sekarang dijadikan program formal tentunya didasarkan atas keyakinan pengelola bank bahwa program tersebut akan bisa meningkatkan dan menjaga likuiditas bank terutama dari DPK,” ucapnya. Menurut Piter, dengan DPK dan likuiditas yang lebih baik bank KBMI I diharapkan dapat membukukan kinerja bank secara keseluruhan dengan lebih baik.

Sementara itu, Senior Faculty Lembaga Pengembangan Perbankan Indonesia (LPPI) Amin Nurdin mengungkapkan jika menilik ke belakang, dulu KBMI I dan KBMI II memang kerap menghadapi keterbatasan dalam menjual produk dan menjaring nasabah.  Namun, saat ini kondisinya berbeda, di mana telah diberikan lebih banyak ruang dalam kapasitas bisnis mereka.

“Tidak hanya sekedar current account saving account (CASA), tetapi juga deposito dan giro dari sisi orang yang memang secara umum di masyarakat adalah golongan orang menengah ke atas. Tinggal bagaimana mereka beradu strategi untuk menetapkan pricing kredit untuk segmen ini,” ujarnya.

Tentu, ucapan Amin bukanlah tanpa alasan, karena nasabah di tingkat menengah ke atas ini cenderung memiliki harapan tinggi terkait dengan pengembalian investasi mereka. Bahkan, istilah “petani bunga” acapkali sering disematkan untuk mereka para nasabah.

“Orang di level priority ini uangnya banyak, bisa disebar di mana-mana, Mereka berpikir investasi itu harus “don’t put all your eggs in one basket”, artinya kalau secara risiko harus disebar kalau bisa dijaring bagus,” katanya.

PT Bank JTrust (BCIC) misalnya yang terus berupaya mendapatkan funding yang lebih stabil, sehingga diperkuat dengan upaya meningkatkan jumlah nasabah prioritas dengan menerbitkan program-program deposito dengan nominal besar seperti Rp1 miliar, Rp3 miliar dan Rp5 miliar. Direktur Bisnis Bank JTrust Widjaja Hendra mengatakan dengan program yang menarik dia optimis dapat menyasar segmen ini.

Tak hanya itu untuk mengurangi konsentrasi risk, pihaknya juga meningkatkan pendanaan bank melalui program-program kampanye yang selalu disesuaikan dengan perkembangan pasar yang diperbarui tiap bulan, sehingga suku bunga yang ditawarkan tetap kompetitif dan diminati nasabah di pasar.

Source: Bank Mini Makin Agresif Cari Nasabah Prioritas
Tags: bank KBMI Ibank KBMI IIbank mininasabah prioritas
Previous Post

Mandat Penjaminan Polis Dimulai 2028, LPS Siapkan Roadmapnya

Next Post

OJK Likuidasi BPR Karya Remaja Indramayu

Next Post
OJK Likuidasi BPR Karya Remaja Indramayu

OJK Likuidasi BPR Karya Remaja Indramayu

  • Trending
  • Comments
  • Latest
LPS Umumkan Daftar Pemenang Sayembara LPS Call for Research 2024

LPS Umumkan Daftar Pemenang Sayembara LPS Call for Research 2024

17/10/2024
Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome

Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome

31/12/2024
Alasan Kenapa Kakek Nenek dan Orangtua Gampang Punya Rumah dan Tanah

Alasan Kenapa Kakek Nenek dan Orangtua Gampang Punya Rumah dan Tanah

02/11/2021
Aset LPS Tumbuh 12,25 Persen, Siap Jamin 534 Juta Rekening Nasabah Perbankan

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan untuk Bank Umum dan BPR Hingga Januari 2025

31/12/2024
Kemenkeu, BI, OJK, dan LPS Ajak Generasi Muda Cerdas Berinvestasi Melalui Program Like-It! 2024

LPS: Hasil SNLIK 2024, Indeks Literasi Keuangan Gen Z dan Milenial Paling Tinggi

09/11/2024
Aset LPS Tumbuh 12,25 Persen, Siap Jamin 534 Juta Rekening Nasabah Perbankan

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan untuk Bank Umum dan BPR Hingga Januari 2025

31/12/2024
Nasabah Diimbau Penuhi Syarat 3T, Agar Simpanan di Bank Dijamin LPS

20 Bank Ditutup OJK Sepanjang 2024, LPS Pastikan Jamin Dana Nasabah

31/12/2024
Kapitalisasi Pasar Kripto 2024 Naik Hampir Dua Kali Lipat

Kapitalisasi Pasar Kripto 2024 Naik Hampir Dua Kali Lipat

31/12/2024
Segini Rincian Usulan Biaya Haji (BPIH) Tahun 2025!

Segini Rincian Usulan Biaya Haji (BPIH) Tahun 2025!

31/12/2024
Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome

Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome

31/12/2024

About Us

Privacy Policy

Redaksi

Pedoman Media Siber

© 2021 Beritaperbankan.id All Rights Reserved.

Add BeritaPerbankan.id to your Homescreen!

Add
Tidak Ada
Lihat Semua Hasil
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Homepages
    • Home
    • Home 2
    • Home 3
    • Home 4
    • Home 5

© 2025 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.