TRENDING
LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan untuk Bank Umum dan BPR Hingga Januari 2025 4 months ago
20 Bank Ditutup OJK Sepanjang 2024, LPS Pastikan Jamin Dana Nasabah 4 months ago
Kapitalisasi Pasar Kripto 2024 Naik Hampir Dua Kali Lipat 4 months ago
Segini Rincian Usulan Biaya Haji (BPIH) Tahun 2025! 4 months ago
Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome 4 months ago
berikutnya
sebelum
Search
12/05/2025
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Search
Close
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Home Bank

Sabrina! Agen Virtual BRI Ini Gantikan Peran Setara 509 Agen Manusia

Sabrina Sudah Dilengkapi Dengan Penguasaan 8 Bahasa Daerah

oleh Nara
25/09/2024
in Bank, Teknologi
Reading Time:1 min read
130 3
0
Sabrina! Agen Virtual BRI Ini Gantikan Peran Setara 509 Agen Manusia
152
SHARE
1.9k
VIEWS
Share on WhatssappShare on Twitter

BeritaPerbankan – BRI memiliki asisten virtual bernama Sabrina (Smart BRI New Assistant) yang pertama kali diperkenalkan pada tahun 2018. Sejak diluncurkan, kemampuan Sabrina terus ditingkatkan. Pada awalnya, fungsi Sabrina cukup sederhana, hanya melayani pertanyaan umum (Q&A) dan FAQ. Namun, dalam setahun terakhir, perubahan signifikan telah terjadi.

“Kami mulai menggunakan LLM (Large Language Models), sehingga sekarang Sabrina bisa berbicara dalam bahasa Sunda, Betawi, Jawa, Bakak, Manado, dan Minang,” kata Kaspar Situmorang, Division Head Digital Innovation BRI, dalam acara Forum Digital BUMN Summit 2024 di Jakarta, Rabu (25/9/2024).

Kini, Sabrina dilengkapi dengan 8 bahasa daerah yang memungkinkan nasabah berinteraksi dalam bahasa lokal, termasuk saat mengajukan keluhan, misalnya saat transaksi di Brimo gagal diproses. Menurut Kaspar, kemampuan berbagai bahasa ini penting karena nasabah BRI tersebar di seluruh wilayah Indonesia, sehingga respon dalam bahasa daerah dapat mempercepat pelayanan.

Pengaruh AI terhadap BRI

Kaspar juga menyampaikan bahwa BRI masih dalam tahap pembelajaran dalam pemanfaatan AI generatif, meskipun dinilai masih sederhana. Namun, meskipun sederhana, BRI berhasil membuat Sabrina mampu menggantikan peran hampir 509 agen.

“Jika kami tidak memiliki agen virtual seperti Sabrina, kami harus menambah 509 agen tambahan. Sabrina bisa menangani berbagai keperluan seperti membuat tiket keluhan, cek saldo, transfer, dan lainnya yang biasanya dilakukan oleh agen manusia,” jelas Kaspar.

Lebih lanjut, Kaspar menambahkan bahwa lebih dari 40% dari traffic umpan balik yang diterima Bank BRI kini sudah ditangani oleh agen virtual seperti Sabrina.

Source: bank-berubah-total-bri-ungkap-1-robot-setara-509-orang
Tags: BRISabrinaVirtual Assistent
Previous Post

Anggota Dewan Usulkan Pemberian Subsidi BBM Langsung ke Penerimanya

Next Post

Aturan Kemasan Rokok Polos Berpotensi Rugikan Penerimaan dan Ekonomi Negara

Next Post
Aturan Kemasan Rokok Polos Berpotensi Rugikan Penerimaan  dan Ekonomi Negara

Aturan Kemasan Rokok Polos Berpotensi Rugikan Penerimaan dan Ekonomi Negara

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Begini Cara LPS Melindungi Deposito Nasabah Perbankan

Begini Cara LPS Melindungi Deposito Nasabah Perbankan

22/05/2024
LPS Siapkan SDM Terbaik Untuk Menjalankan Program Penjaminan Polis Asuransi

LPS Tempuh Upaya Hukum Terhadap Pihak Penyebab Bank Gagal

20/12/2024
LPS Jamin 99,9% Rekening Simpanan Nasabah Bank Umum Semester I 2024

Apakah Simpanan Anda di Bank Dijamin oleh LPS? Cek Sekarang, Begini Caranya!

11/11/2024
Tugas dan Fungsi Badan Supervisi OJK dan LPS

Cara Kerja Program Penjaminan Simpanan LPS, Jaminan Hingga Rp2 Miliar

17/11/2024
Kopiko Sering Muncul di Drama Korea, Dapat Untung Berapa?

Kopiko Sering Muncul di Drama Korea, Dapat Untung Berapa?

21/09/2021
Aset LPS Tumbuh 12,25 Persen, Siap Jamin 534 Juta Rekening Nasabah Perbankan

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan untuk Bank Umum dan BPR Hingga Januari 2025

31/12/2024
Nasabah Diimbau Penuhi Syarat 3T, Agar Simpanan di Bank Dijamin LPS

20 Bank Ditutup OJK Sepanjang 2024, LPS Pastikan Jamin Dana Nasabah

31/12/2024
Kapitalisasi Pasar Kripto 2024 Naik Hampir Dua Kali Lipat

Kapitalisasi Pasar Kripto 2024 Naik Hampir Dua Kali Lipat

31/12/2024
Segini Rincian Usulan Biaya Haji (BPIH) Tahun 2025!

Segini Rincian Usulan Biaya Haji (BPIH) Tahun 2025!

31/12/2024
Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome

Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome

31/12/2024

About Us

Privacy Policy

Redaksi

Pedoman Media Siber

© 2021 Beritaperbankan.id All Rights Reserved.

Add BeritaPerbankan.id to your Homescreen!

Add
Tidak Ada
Lihat Semua Hasil
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Homepages
    • Home
    • Home 2
    • Home 3
    • Home 4
    • Home 5

© 2025 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.