TRENDING
BSI Luncurkan Fitur Pembelian Paket Umrah di Aplikasi BYOND 8 hours ago
IHSG Cetak Kenaikan Tertinggi dalam Setahun, Ditutup di Level 7.047 8 hours ago
LPS Jamin 71,82 Juta Rekening di Jawa Timur, Jaminan Polis Asuransi Mulai 2028 13 hours ago
IMK Naik, LPS Soroti Perubahan Pola Menabung Masyarakat 20 hours ago
BI Cabut Sejumlah Pecahan Rupiah, Penukaran Maksimal 10 Tahun 1 day ago
berikutnya
sebelum
Search
12/07/2025
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Search
Close
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Home Bank

Sejumlah Kantor Cabang BRI Ditutup, Dialihkan ke BRILink!

Guna Mendukung Ekonomi Berbagi dan Pertumbuhan yang Lebih Inklusif

oleh Nara
07/11/2024
in Bank
Reading Time:2 mins read
137 2
0
Sejumlah Kantor Cabang BRI Ditutup, Dialihkan ke BRILink!
158
SHARE
2k
VIEWS
Share on WhatssappShare on Twitter

BeritaPerbankan – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BRI) telah memutuskan untuk menutup sejumlah kantor cabang sebagai bagian dari upaya transformasi digital. Direktur Utama BRI, Sunarso, menjelaskan bahwa layanan cabang yang ditutup akan dialihkan kepada agen BRILink yang tersebar di warung-warung dan toko-toko kecil.

Transformasi BRI ini disebut sebagai tahap kedua atau BRIvolution 2.0, dengan tujuan untuk menjadikan BRI sebagai bank yang paling bernilai di Asia Tenggara dan sebagai juara dalam inklusi keuangan. Sunarso menekankan bahwa inklusi keuangan adalah kunci dari tahapan ini.

“Penutupan cabang sebenarnya bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam inklusi keuangan, dengan memanfaatkan agen BRILink guna mendukung ekonomi berbagi dan pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif,” jelas Sunarso pada  Selasa (5/11/2024).

Sunarso mengungkapkan hasil riset BRI yang menunjukkan bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia belum sepenuhnya nyaman dengan layanan digital dan masih memilih menggunakan agen perbankan yang lebih dekat dengan lingkungan mereka. “Bahkan, banyak yang masih lebih suka menggunakan layanan melalui warung-warung dekat rumah mereka, yang menawarkan kehadiran fisik dan sentuhan personal,” tambahnya.

Menurut Sunarso, Agen BRILink berfungsi layaknya kantor cabang BRI dalam bentuk yang lebih fleksibel, seperti warung dan toko kecil. Saat ini, agen BRILink terus bertambah jumlahnya dan mencapai 1.022.000 agen di seluruh Indonesia pada tahun ini, jauh meningkat dari sekitar 75.000 agen pada tahun 2015.

Dari sisi bisnis, agen BRILink memberikan keuntungan besar bagi BRI. Pada tahun lalu, BRI memperoleh fee sekitar Rp1,5 triliun dari agen BRILink, sementara agen-agen tersebut mendapatkan bagian fee yang lebih besar, yaitu sekitar Rp2,5 triliun hingga Rp3 triliun.

Hal ini menunjukkan bahwa layanan perbankan fisik masih dibutuhkan oleh masyarakat. Selama 2023, volume transaksi agen BRILink mencapai Rp1.427 triliun, dan hingga September tahun ini, transaksi agen BRILink telah mencapai Rp1.170 triliun.

“Keputusan untuk menutup sebagian cabang ini memungkinkan BRI tetap dapat melayani masyarakat dengan jangkauan yang lebih luas dan volume transaksi yang besar melalui agen-agen BRILink di seluruh Indonesia,” tutup Sunarso.

Source: bos-bri-blak-blakan-alasan-tutup-kantor-cabang
Tags: BRIBRILink
Previous Post

Berita Baik! Kredit Macet UMKM Dihapuskan

Next Post

Kinerja Keuangan Perbankan di Indonesia Tunjukkan Optimisme!

Next Post
Kinerja Keuangan Perbankan di Indonesia Tunjukkan Optimisme!

Kinerja Keuangan Perbankan di Indonesia Tunjukkan Optimisme!

  • Trending
  • Comments
  • Latest
LPS Umumkan Daftar Pemenang Sayembara LPS Call for Research 2024

LPS Umumkan Daftar Pemenang Sayembara LPS Call for Research 2024

17/10/2024
Daftar 4 Bank dengan Modal Inti di Atas Rp 70 Triliun

Daftar 4 Bank Terbesar di Indonesia, Modal Inti di Atas Rp 70 Triliun

02/10/2022
Lewati Dua Serangan Siber Ekstrim, Ini Strategi LPS Perkuat Keamanan Digital

Lewati Dua Serangan Siber Ekstrim, Ini Strategi LPS Perkuat Keamanan Digital

07/07/2025
Nasabah Bank Digital Indonesia Mencapai 60 Juta Orang, LPS Jamin Simpanan Nasabah dengan Kriteria 3T

LPS: Rekening Warga Bali Tembus 9 Juta, DPK Tumbuh Di Atas Rata-Rata Nasional

09/07/2025
Ini Alasan OJK Tutup BPR Kencana Cimahi, LPS Siapkan Pembayaran Klaim Nasabah

LPS Perkuat Infrastruktur IT Hadapi Serangan Siber Global

07/07/2025
BSI Luncurkan Fitur Pembelian Paket Umrah di Aplikasi BYOND

BSI Luncurkan Fitur Pembelian Paket Umrah di Aplikasi BYOND

11/07/2025
IHSG Cetak Kenaikan Tertinggi dalam Setahun, Ditutup di Level 7.047

IHSG Cetak Kenaikan Tertinggi dalam Setahun, Ditutup di Level 7.047

11/07/2025
Nasabah Diimbau Penuhi Syarat 3T, Agar Simpanan di Bank Dijamin LPS

LPS Jamin 71,82 Juta Rekening di Jawa Timur, Jaminan Polis Asuransi Mulai 2028

11/07/2025
LPS Sarankan Nasabah Simpan Uang di Beberapa Bank Berbeda. Ini Alasannya !

IMK Naik, LPS Soroti Perubahan Pola Menabung Masyarakat

11/07/2025
BI Cabut Sejumlah Pecahan Rupiah, Penukaran Maksimal 10 Tahun

BI Cabut Sejumlah Pecahan Rupiah, Penukaran Maksimal 10 Tahun

10/07/2025

About Us

Privacy Policy

Redaksi

Pedoman Media Siber

© 2021 Beritaperbankan.id All Rights Reserved.

Add BeritaPerbankan.id to your Homescreen!

Add
Tidak Ada
Lihat Semua Hasil
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Homepages
    • Home
    • Home 2
    • Home 3
    • Home 4
    • Home 5

© 2025 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.