BeritaPerbankan- Bukan cuma di X ataupun YouTube, forum komunitas Apple Support tak akan ditangani oleh admin manusia. Hal ini berdampak pada ratusan karyawan yang selama ini ditugasi pekerjaan tersebut.
Mulai 1 Oktober 2023, akun X @AppleSupport akan merespons pertanyaan atau keluhan pengguna produk Apple dengan balasan otomatis (automated reply). Tak ada lagi manusia sungguhan yang berinteraksi dengan pelanggan.
Mereka jadi ‘korban’ robot dan sistem serba canggih. Apple mengatakan para karyawan yang terdampak diberi kesempatan untuk melamar kerja di divisi lain di perusahaannya.
Namun, penawaran tersebut seperti melakukan PHK secara halus. Sebab, Apple melarang para karyawan terdampak untuk pindah ke divisi support role berbasis chat.
Mereka hanya boleh pindah ke divisi support role berbasis telepon. Beberapa orang tak mampu atau tak mau pindah ke posisi tersebut. Sebab, kompetensi yang mereka miliki berbeda dengan tawaran yang diberikan.
Menurut sumber dalam, Apple akan mengadakan pelatihan untuk karyawan yang bertransisi ke divisi support role berbasis telepon, dikutip dari MacRumors.
Pelatihan tersebut ditargetkan selesai pada November mendatang. Bagi karyawan yang merasa tak cocok dengan divisi berbasis telepon, dianjurkan untuk mencari kesempatan kerja lain di luar Apple.