TRENDING
LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan untuk Bank Umum dan BPR Hingga Januari 2025 4 months ago
20 Bank Ditutup OJK Sepanjang 2024, LPS Pastikan Jamin Dana Nasabah 4 months ago
Kapitalisasi Pasar Kripto 2024 Naik Hampir Dua Kali Lipat 4 months ago
Segini Rincian Usulan Biaya Haji (BPIH) Tahun 2025! 4 months ago
Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome 4 months ago
berikutnya
sebelum
Search
14/05/2025
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Search
Close
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Home Ekonomi

Tipflasi Makin Marak, Bagaimana Cara Menyikapinya?

Para Pakar Etika Berbagi Panduan Cara Membuat Keputusan yang Tepat

oleh Nara
11/12/2024
in Ekonomi, Finansial
Reading Time:2 mins read
125 8
0
Tipflasi Makin Marak, Bagaimana Cara Menyikapinya?
152
SHARE
1.9k
VIEWS
Share on WhatssappShare on Twitter

BeritaPerbankan – Fenomena permintaan tip dari pelanggan kini semakin marak di berbagai lini usaha di tingkat global. Fenomena ini bahkan memiliki istilah khusus, yaitu “tipflasi”. Istilah “tipflasi” diperkenalkan oleh seorang pakar etika bernama Thomas Farley, yang juga dikenal sebagai Mr. Manners.

Tipflasi mengacu pada semakin banyaknya usaha seperti restoran, taksi, hingga kafe yang mendorong pelanggan untuk memberikan tip, mirip dengan kenaikan harga barang selama inflasi.

Farley menjelaskan bahwa di tengah kondisi inflasi yang tinggi, banyak bisnis terlihat seolah memaksa pelanggan untuk membayar tip dengan pertanyaan seperti, “Seberapa banyak Anda ingin memberi tip?” Hal ini, menurutnya, menimbulkan kesan seperti paksaan. Pelanggan bahkan sering bertanya-tanya mengapa perusahaan tidak meningkatkan upah karyawan mereka daripada mengandalkan tip.

Namun, Farley juga menekankan bahwa masyarakat tidak perlu terlalu khawatir. Sebaliknya, fenomena ini bisa menjadi kesempatan untuk memahami situasi mana yang pantas diberi tip dan mana yang tidak. Berikut panduan dari Farley dan pakar etika lainnya untuk membantu masyarakat membuat keputusan yang tepat terkait pemberian tip:

1. Profesional Berupah Tetap

Farley menyarankan untuk tidak memberikan tip kepada pekerja yang sudah mendapatkan gaji tetap dari tempat kerja mereka, seperti dokter, pengacara, guru, tukang ledeng, atau teknisi kabel. Memberikan tip dalam situasi ini dianggap tidak lazim dan bahkan canggung.

2. Layanan di Konter

Pekerja seperti barista atau kasir biasanya sudah menerima gaji dari pekerjaan mereka. Oleh karena itu, tip tidak perlu diberikan, meskipun alat pembayaran seperti tablet menyuguhkan opsi untuk memberi tip. Namun, jika pekerja memberikan layanan ekstra, seperti mengingat pesanan pelanggan tetap, tip bisa saja diberikan.

3. Stoples Tip di Acara Terbuka

Di acara terbuka seperti di bar atau kafe, sering kali terdapat stoples tip. Namun, masyarakat tidak wajib memberi tip karena pemilik acara biasanya sudah mengatur pemberian tip kepada stafnya. Meskipun demikian, memberikan tip dapat meningkatkan kualitas layanan selama acara berlangsung.

4. Tip Ganda

Swann, pakar etika lainnya, mengingatkan untuk menghindari memberikan tip dua kali untuk layanan yang sama. Sebagai contoh, seorang pelanggan yang sudah memberi tip kepada pekerja di salon tidak perlu lagi memberi tip tambahan di konter pembayaran.

5. Layanan Buruk

Jika layanan yang diterima buruk, seperti di tempat cukur rambut atau restoran, pelanggan tidak diwajibkan memberikan tip. Untuk restoran, Swann menyarankan tetap memberi tip kepada pelayan jika masalahnya berasal dari dapur, bukan dari layanan langsung, namun besaran tip bisa dikurangi.

Dengan panduan ini, masyarakat diharapkan dapat lebih bijak dalam menentukan kapan dan kepada siapa memberikan tip.

Source: ragu-mau-kasih-uang-tip-simak-penjelasan-pakar-etika
Tags: konsumenpakar etikapelaku usahatipflasi
Previous Post

LPS Selesaikan Klaim Simpanan di Lima BPR Sulawesi Selatan, Ini Rinciannya!

Next Post

Kerugian Konsumen Capai Rp 2,5 T Akibat Kejahatan Keuangan

Next Post
Kerugian Konsumen Capai Rp 2,5 T Akibat Kejahatan Keuangan

Kerugian Konsumen Capai Rp 2,5 T Akibat Kejahatan Keuangan

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Begini Cara LPS Melindungi Deposito Nasabah Perbankan

Begini Cara LPS Melindungi Deposito Nasabah Perbankan

22/05/2024
Tugas dan Fungsi Badan Supervisi OJK dan LPS

Cara Kerja Program Penjaminan Simpanan LPS, Jaminan Hingga Rp2 Miliar

17/11/2024
LPS Siapkan SDM Terbaik Untuk Menjalankan Program Penjaminan Polis Asuransi

LPS Tempuh Upaya Hukum Terhadap Pihak Penyebab Bank Gagal

20/12/2024
LPS Jamin 99,9% Rekening Simpanan Nasabah Bank Umum Semester I 2024

Apakah Simpanan Anda di Bank Dijamin oleh LPS? Cek Sekarang, Begini Caranya!

11/11/2024
LPS Umumkan Daftar Pemenang Sayembara LPS Call for Research 2024

LPS Umumkan Daftar Pemenang Sayembara LPS Call for Research 2024

17/10/2024
Aset LPS Tumbuh 12,25 Persen, Siap Jamin 534 Juta Rekening Nasabah Perbankan

LPS Pertahankan Tingkat Bunga Penjaminan untuk Bank Umum dan BPR Hingga Januari 2025

31/12/2024
Nasabah Diimbau Penuhi Syarat 3T, Agar Simpanan di Bank Dijamin LPS

20 Bank Ditutup OJK Sepanjang 2024, LPS Pastikan Jamin Dana Nasabah

31/12/2024
Kapitalisasi Pasar Kripto 2024 Naik Hampir Dua Kali Lipat

Kapitalisasi Pasar Kripto 2024 Naik Hampir Dua Kali Lipat

31/12/2024
Segini Rincian Usulan Biaya Haji (BPIH) Tahun 2025!

Segini Rincian Usulan Biaya Haji (BPIH) Tahun 2025!

31/12/2024
Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome

Telkomsel Hadirkan Layanan IndiHome SMART Camera untuk Pelanggan IndiHome

31/12/2024

About Us

Privacy Policy

Redaksi

Pedoman Media Siber

© 2021 Beritaperbankan.id All Rights Reserved.

Add BeritaPerbankan.id to your Homescreen!

Add
Tidak Ada
Lihat Semua Hasil
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Homepages
    • Home
    • Home 2
    • Home 3
    • Home 4
    • Home 5

© 2025 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.