TRENDING
BSI Luncurkan Fitur Pembelian Paket Umrah di Aplikasi BYOND 7 hours ago
IHSG Cetak Kenaikan Tertinggi dalam Setahun, Ditutup di Level 7.047 8 hours ago
LPS Jamin 71,82 Juta Rekening di Jawa Timur, Jaminan Polis Asuransi Mulai 2028 12 hours ago
IMK Naik, LPS Soroti Perubahan Pola Menabung Masyarakat 19 hours ago
BI Cabut Sejumlah Pecahan Rupiah, Penukaran Maksimal 10 Tahun 1 day ago
berikutnya
sebelum
Search
12/07/2025
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Search
Close
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Home LPS

Transformasi LPS: Resolution Plan dan Single Customer View

Langkah-langkah LPS Tangani Bank Gagal

oleh Nara
29/10/2024
in LPS
Reading Time:1 min read
132 1
0
Transformasi LPS: Resolution Plan dan Single Customer View
152
SHARE
1.9k
VIEWS
Share on WhatssappShare on Twitter

BeritaPerbankan – Direktur Eksekutif Klaim dan Resolusi Bank LPS, Suwandi menjelaskan mengenai proses Resolusi Bank, terutama terkait tahapan penanganan dan penyelesaian bank berdasarkan UU P2SK, yang meliputi bank dalam pengawasan normal, bank dalam tahap penyehatan, dan bank dalam resolusi.

Rencana Resolusi (Resolution Plan) merupakan dokumen yang berisi strategi dan informasi yang digunakan LPS untuk menangani bank yang mengalami kegagalan. Dokumen ini harus disusun secara menyeluruh, mencakup langkah-langkah yang diperlukan untuk menangani kemungkinan kegagalan bank.

Rencana Resolusi wajib disusun, disampaikan, diperbarui, dan dimutakhirkan sesuai pedoman dan format yang ditetapkan oleh LPS. Beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam rencana tersebut adalah mempersiapkan bank menghadapi situasi krisis, seperti krisis likuiditas atau modal, serta memastikan kelangsungan operasional bank selama masa krisis, dengan tetap memberikan perlindungan optimal bagi nasabah.

“Semua bank wajib untuk menyusun resolution plan sesuai UU P2SK. Bagi bank yang belum memiliki resolusi, kami terus melakukan sosialisasi terkait penyusunan ini. Manfaat bagi bank sangat penting sebagai langkah antisipasi dan mitigasi risiko, karena mencegah kegagalan lebih baik daripada mengatasi kegagalan,” jelas Suwandi.

Pada kesempatan yang sama, Suwandi juga memaparkan mengenai Single Customer View (SCV), yaitu data yang menyeluruh mengenai simpanan dan pinjaman setiap nasabah di bank, serta nilai simpanan yang dapat dijamin sesuai dengan ketentuan program penjaminan simpanan.

Penerapan SCV bertujuan untuk meningkatkan layanan klaim penjaminan LPS dalam hal bank dilikuidasi, yang pada akhirnya akan meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap sektor perbankan. Hal ini juga mendukung percepatan pembayaran klaim penjaminan dalam target waktu 7 hari kerja.

Tanpa sistem SCV, akan sulit bagi LPS untuk mempercepat proses pembayaran klaim penjaminan sesuai standar internasional, terutama jika bank yang dilikuidasi adalah bank besar atau menengah dengan ratusan ribu hingga jutaan rekening simpanan.

Source: inilah-transformasi-lps-demi-menjaga-ketenangan-nasabah
Tags: Bank Gagaltransformasi LPS
Previous Post

Wewenang Baru LPS! Tangani Bank Bermasalah secara Lebih Baik

Next Post

Yuk Cek! Adakah Perubahan Saldo Minimal Tabungan Anda?

Next Post
Yuk Cek! Adakah Perubahan Saldo Minimal Tabungan Anda?

Yuk Cek! Adakah Perubahan Saldo Minimal Tabungan Anda?

  • Trending
  • Comments
  • Latest
Daftar 4 Bank dengan Modal Inti di Atas Rp 70 Triliun

Daftar 4 Bank Terbesar di Indonesia, Modal Inti di Atas Rp 70 Triliun

02/10/2022
LPS Umumkan Daftar Pemenang Sayembara LPS Call for Research 2024

LPS Umumkan Daftar Pemenang Sayembara LPS Call for Research 2024

17/10/2024
Nasabah Bank Digital Indonesia Mencapai 60 Juta Orang, LPS Jamin Simpanan Nasabah dengan Kriteria 3T

LPS: Rekening Warga Bali Tembus 9 Juta, DPK Tumbuh Di Atas Rata-Rata Nasional

09/07/2025
Lewati Dua Serangan Siber Ekstrim, Ini Strategi LPS Perkuat Keamanan Digital

Lewati Dua Serangan Siber Ekstrim, Ini Strategi LPS Perkuat Keamanan Digital

07/07/2025
Ini Alasan OJK Tutup BPR Kencana Cimahi, LPS Siapkan Pembayaran Klaim Nasabah

LPS Perkuat Infrastruktur IT Hadapi Serangan Siber Global

07/07/2025
BSI Luncurkan Fitur Pembelian Paket Umrah di Aplikasi BYOND

BSI Luncurkan Fitur Pembelian Paket Umrah di Aplikasi BYOND

11/07/2025
IHSG Cetak Kenaikan Tertinggi dalam Setahun, Ditutup di Level 7.047

IHSG Cetak Kenaikan Tertinggi dalam Setahun, Ditutup di Level 7.047

11/07/2025
Nasabah Diimbau Penuhi Syarat 3T, Agar Simpanan di Bank Dijamin LPS

LPS Jamin 71,82 Juta Rekening di Jawa Timur, Jaminan Polis Asuransi Mulai 2028

11/07/2025
LPS Sarankan Nasabah Simpan Uang di Beberapa Bank Berbeda. Ini Alasannya !

IMK Naik, LPS Soroti Perubahan Pola Menabung Masyarakat

11/07/2025
BI Cabut Sejumlah Pecahan Rupiah, Penukaran Maksimal 10 Tahun

BI Cabut Sejumlah Pecahan Rupiah, Penukaran Maksimal 10 Tahun

10/07/2025

About Us

Privacy Policy

Redaksi

Pedoman Media Siber

© 2021 Beritaperbankan.id All Rights Reserved.

Add BeritaPerbankan.id to your Homescreen!

Add
Tidak Ada
Lihat Semua Hasil
  • Advertisement
  • Contact Us
  • Homepages
    • Home
    • Home 2
    • Home 3
    • Home 4
    • Home 5

© 2025 JNews - Premium WordPress news & magazine theme by Jegtheme.