TRENDING
AdaKami, Bunga Rendah Tapi Biaya Layanan Hampir 100% 4 hours ago
Perkiraan Bunga FED AS Naik Lagi, Ada Ketidakpastian Pasar Keuangan 4 hours ago
Tren Belanja Online, Pengguna Kartu Kredit Beralih ke Pinjol 4 hours ago
Nilai Transaksi Via ATM, Kartu Debet, dan Kartu Kredit Kian Menurun 5 hours ago
Asyiknya, Kini Platform DANA Beri Pinjaman Uang 5 hours ago
berikutnya
sebelum
Search
23/09/2023
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Search
Close
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Menu
  • Home
  • Ekonomi
  • Finansial
  • Bank
  • Fintech
  • Saham
  • Syariah
  • Teknologi
  • Infographic
  • Video
Home Teknologi

WhatsApp Business Siap Bersaing dengan E-Commerce dan Tiktok Shop!

2 Fitur Baru WhatsApp Business Makin Mempermudah Pelaku UMKM

oleh Nara
29/06/2023
in Teknologi
Reading Time:2 mins read
0 0
0
WhatsApp Business Siap Bersaing dengan E-Commerce dan Tiktok Shop!
0
SHARE
0
VIEWS
Share on WhatssappShare on Twitter

BeritaPerbankan – WhatsApp Business merupakan fitur di dalam aplikasi pesan singkat WhatsApp yang dirancang khusus untuk UMKM yang tujuannya mempermudah transaksi jual-beli online antara pembeli dan penjual.

Mark Zuckerberg sebagai CEO Meta, mengumumkan anak usahanya WhatsApp Business kini telah memiliki 200 juta pengguna aktif. Angka itu naik 4 kali lipat dibandingkan 3 tahun lalu.Meta agaknya mulai mengarahkan pengembangan WhatsApp sebagai platform bisnis untuk meraup lebih banyak pendapatan. Hal ini menyusul ketidakpastian ekonomi yang cukup berdampak pada bisnis iklan ekosistem Meta secara keseluruhan.

Tak tanggung-tanggung, Meta pun meluncurkan 2 fitur baru untuk WhatsApp Business yang makin mempermudah pelaku UMKM. Di RI, dua fitur ini sudah bisa digunakan segelintir pelaku UMKM dalam masa uji coba.

Kesatu, sinkronisasi iklan dari WhatsApp ke Facebook atau Instagram. Pengguna hanya perlu akun WhatsApp Business dan tidak perlu berpindah aplikasi untuk membuat iklan jualannya.

Saat pengguna Facebook dan Instagram mengklik iklan, maka akan langsung diarahkan langsung ke WhatsApp penjual. Mereka bisa mengajukan pertanyaan, menelusuri produk, dan melakukan pembelian. Fitur ini akan tersedia secara bertahap ke pengguna WhatsApp Business. Saat ini sudah ada UMKM yang punya akses iklan ke platform keluarga Meta tersebut.

Kedua, pesan berbayar. Fitur ini memungkinkan penjual bisa mengirimkan pesan yang dipersonalisasi ke pelanggan. Pesan bakal berisi nama pelanggan, termasuk juga jadwal pengiriman pesan.

“Kami berharap fitur-fitur ini mampu mendukung UMKM lebih maju lagi. Teknologi yang sudah ada dan yang tidak berbayar akan menarik lebih banyak pengguna sekaligus mempertahankan pengguna lama,” kata Country Director Meta Indonesia, Pieter Lydian.

Strategi WhatsApp yang makin kencang menggarap fitur Business agaknya sejalan dengan TikTok dengan fitur Shop. Dua layanan yang lahir sebagai aplikasi pesan singkat dan media sosial ini punya keunggulan di sektor audiens.

WhatsApp dan TikTok sama-sama menjadi platform yang sering diakses sehari-hari oleh warganet. WhatsApp memiliki 2 miliar pengguna aktif bulanan secara global, sementara TikTok digunakan 1,6 miliar orang setiap bulannya di seluruh dunia.

Ketergantungan warganet ‘nongkrong’ di kedua platform tersebut membuat transaksi jual-beli online pun lebih mudah dilakukan di dalam aplikasi. Hal ini tentu bisa jadi ancaman untuk pemain e-commerce seperti Shopee, Tokopedia, dan Lazada. Lahir sejak awal sebagai platform jual-beli, aplikasi e-commerce harus memutar otak untuk membuat pengguna tak beralih belanja ke TikTok Shop dan WhatsApp Business.

Source: e-commerce bisa tamat warga makin banyak belanja di wa
Tags: 2 Fitur Barue-commerceMetaTikTok ShopUMKMWhatsApp Business
Previous Post

Bos LPS: Perusahaan Asuransi Peserta Penjaminan Polis Wajib Memenuhi Tingkat Kesehatan Tertentu

Next Post

Spektakuler, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Raih Tiga Kategori Penghargaan

Next Post
Spektakuler, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Raih Tiga Kategori Penghargaan

Spektakuler, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) Raih Tiga Kategori Penghargaan

  • Trending
  • Comments
  • Latest
LPS Dorong Pengembangan Batik Berteknologi Tinggi Batik Fractal di Sukabumi

LPS Dorong Pengembangan Batik Berteknologi Tinggi Batik Fractal di Sukabumi

20/09/2023
Antusiasme Tinggi Peserta Pelatihan LPS – Batik Fractal di Sukabumi

Antusiasme Tinggi Peserta Pelatihan LPS – Batik Fractal di Sukabumi

21/09/2023
Ketua Dewan Komisioner LPS Purbaya Yudhi Sadewa

LPS Siapkan Dana Rp20 Miliar untuk Pengembangan Sentra Batik Berbasis AI di Jawa Barat

21/09/2023
Daftar 4 Bank dengan Modal Inti di Atas Rp 70 Triliun

Daftar 4 Bank Terbesar di Indonesia, Modal Inti di Atas Rp 70 Triliun

02/10/2022
Peduli Bakti Bagi Negeri, LPS Dukung Kemajuan UMKM Batik Kota Sukabumi

Peduli Bakti Bagi Negeri, LPS Dukung Kemajuan UMKM Batik Kota Sukabumi

20/09/2023
AdaKami, Bunga Rendah Tapi Biaya Layanan Hampir 100%

AdaKami, Bunga Rendah Tapi Biaya Layanan Hampir 100%

23/09/2023
Perkiraan Bunga FED AS Naik Lagi, Ada Ketidakpastian Pasar Keuangan

Perkiraan Bunga FED AS Naik Lagi, Ada Ketidakpastian Pasar Keuangan

23/09/2023
Tren Belanja Online, Pengguna Kartu Kredit Beralih ke Pinjol

Tren Belanja Online, Pengguna Kartu Kredit Beralih ke Pinjol

23/09/2023
Nilai Transaksi Via ATM, Kartu Debet, dan Kartu Kredit Kian Menurun

Nilai Transaksi Via ATM, Kartu Debet, dan Kartu Kredit Kian Menurun

23/09/2023
Asyiknya, Kini Platform DANA Beri Pinjaman Uang

Asyiknya, Kini Platform DANA Beri Pinjaman Uang

23/09/2023

About Us

Privacy Policy

Redaksi

Pedoman Media Siber

© 2021 Beritaperbankan.id All Rights Reserved.

Add BeritaPerbankan.id to your Homescreen!

Add