BeritaPerbankan – Xiaomi berhasil menjadi pemimpin pasar smartphone di Indonesia selama kuartal kedua (Q2) 2024. Berdasarkan riset terbaru dari Canalys, Xiaomi menguasai posisi teratas dengan pangsa pasar sebesar 20%. Perusahaan asal China ini mencatatkan pertumbuhan tahunan tertinggi dibandingkan merek lain, mencapai 48% year-on-year (YoY).
Oppo berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 19%, meskipun mengalami penurunan peringkat. Oppo mencatat pertumbuhan sebesar 8%. Selanjutnya, Vivo menempati posisi ketiga dengan pangsa pasar 18% dan pertumbuhan yang sama, yaitu 18%.
Samsung naik ke posisi keempat dari posisi kelima pada Q1 2024. Raksasa teknologi asal Korea Selatan ini memiliki pangsa pasar sebesar 18% dengan pertumbuhan 10% YoY. Di posisi terakhir, ada Transsion yang turun satu peringkat dengan pangsa pasar 15% dan mencatatkan pertumbuhan tertinggi kedua sebesar 25%.
Dalam laporan Counterpoint untuk kuartal II-2024, Xiaomi berada di urutan ketiga dengan pangsa pasar 14% produsen HP China terlaris di dunia, di bawah Global Samsung dan Apple. Pertumbuhan Xiaomi mencapai 22%, didorong oleh popularitas ponsel seperti Redmi 13 dan Note 13.
Sementara itu, Samsung menduduki urutan pertama dengan pangsa pasar 20%, berkat penjualan seri Galaxy S24 dan pembaruan seri Galaxy A dan Apple berada di posisi kedua dengan pangsa pasar 16%. Di China, Apple menghadapi persaingan ketat dari Huawei yang sukses di pasaran.
Menurut Counterpoint, pasar smartphone global tumbuh 6% per tahun dan menjadi pertumbuhan tertinggi dalam tiga tahun terakhir. Kenaikan ini didorong oleh membaiknya sentimen konsumen dan faktor makroekonomi. Pertumbuhan penjualan smartphone selama tiga kuartal terakhir memberikan angin segar bagi industri setelah mengalami titik terendah tahun lalu.